Tidak ada alasan bagi kalian pencari kerja untuk tidak mempersiapkan diri dan mengembangkan potensi dalam diri. memang benar jika persiapan yang baik adalah ketika anda masih berada dalam masa pendidikan atau kuliah, pada masa tersebut anda punya semangat dan lebih punya waktu untuk belajar dan berlatih. Tapi terkadang anda lupa apa yang menjadi tujuan dan mau jadi apa setelah anda lulus. Anda hanya fokus pada keseharian anda sebagai mahasiswa.
Setelah anda lulus anda baru sadar anda akan memasuki dunia kerja, anda mungkin sudah punya posisi pekerjaan yang di incar dan anda juga sudah memiliki keahlian yang anda dapat dari kampus anda. tetapi anda perlu ketahui perusahaan tidak akan merekrut karyawan yang hanya memiliki keahlian biasa saja. tapi benar-benar mengusai di bidangnya.
Banyak mahasiswa yang tidak tau mengaplikasikan keahliannya kemana atau ke bidang mana dia akan bekerja, sehingga dia hanya berputar-putar dengan kemampuannya tanpa ada perkembangan. maka dari itu seorang mahasiswa harus tau untuk apa keahlian atau pendidikan yang dimiliki, pekerjaan apa yang cocok, bila sudah mengetahui hal ini pastilah pikiran akan terbuka, ada niat mengembangkan potensi dalam diri dan merasakan persaingan dalam dunia
kerja.
kerja.
Tetapi tidak ada salahnya juga mempersiapkan diri dari sekarang, mbelajar tidak kenal kata terlambat, jadikan motivasi dan pasti anda akan lebih menghargai waktu, persiapan adalah modal dan Percayalah apa yang anda lakukan pasti akan beguna suatu saat nanti. Memasuki bulan februari ini, kami mendapatkan informasi lowongan kerja dari Kementerian Kelautan, dan Perikanan (disingkat KKP) Kementerian Kelautan, dan Perikanan (disingkat KKP) merupakan kementerian yang ada dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan kelautan dan perikanan. Kementerian Kelautan, dan Perikanan dipimpin oleh seorang Menteri Kelautan dan Perikanan yang pertama kali dijabat oleh Sarwono
Kusumaatmadja dan sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Susi Pudjiastuti.Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Tahun 2017 akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pelamar umum sejumlah 329 orang, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dengan ketentuan sebagai berikut:
UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN) :
1. Sekretariat Jenderal;
2. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut;
3. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap;
4. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya;
5. Direktorat Jenderal Penguatan Oaya Saing Produk Kelautan dan Perikanan;
6. Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan;
7. Inspektorat Jenderal;
8. Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan;
9. Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan;
PERSYARATAN PELAMARAN :
TATA CARA PENDAFTARAN
TAHAPAN SELEKSI
Rekrutmen CPNS tidak di pungut biaya apapun, Selamat mencoba dan semoga anda lulus tahun ini.
Kusumaatmadja dan sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Susi Pudjiastuti.Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Tahun 2017 akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pelamar umum sejumlah 329 orang, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dengan ketentuan sebagai berikut:
UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN) :
1. Sekretariat Jenderal;
2. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut;
3. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap;
4. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya;
5. Direktorat Jenderal Penguatan Oaya Saing Produk Kelautan dan Perikanan;
6. Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan;
7. Inspektorat Jenderal;
8. Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan;
9. Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan;
PERSYARATAN PELAMARAN :
- Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Bhineka Tunggallka, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
- Tidak pernah dipidanadenganpidanapenjaraberdasarkanputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota POLRI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
- Tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
- Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (surat keterangan NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
- Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Pelamardengankategoriformasicumlaude merupakan lulusan dengan predikat “dengan pujian” dari Perguruan Tinggi terakreditasi “A”I Unggul dan Program Studi terakreditasi “A”I Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaudel dengan pujian pada ijazahl transkrip nilai.
- Pelamar dengan kategori formasi disabilitas merupakan pelamar yang lulus dengan predikat “sangat memuaskan” dan IPK minimal 3,00 dari PTN/PTS serendah-rendahnya terakreditasi B dan Program Studi serendah-rendahnya terakreditasi “C” pada saat lulus.
- Pelamar dengan kategori formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat merupakan:
- Lulusan PTN/PTS terakreditasi, IPK minimal 2,50 (dua kama lima puluh), dan nilai pada ijazah minimal rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer);
- Akta Kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahanl desa ditunjukkan pada saat wawancara.
- Pelamar dengan kategori formasi umum merupakan pelamar yang lulus dengan predikat “sangat memuaskan” dan IPK minimal 3,00 dari Perguruan Tinggi serendah-rendahnya terakreditasi B dan Program Studi serendah rendahnya terakreditasi “C” pada saat lulus.
- Pelamar lulusan SUPM/SMK Perikanan/SMKlSMA memiliki nilai ijazah rata rata minimal 7 (tujuh) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer);
- Usia pada tanggal 1 September 2017;
- a. Minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun 0 bulan 0 hari untuk seluruh jenjang pendidikan S1 dan S2;
- b.Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk 0-111;
- c.Minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun bulan 0 had untuk SUPM/SMKlSMA.
- Khusus Pelamar untuk jabatan Juru Mudi, Masinis Kapal Pengawas, Kelasi, Oiler dan Operator Speedboat
- a.Jenis kelamin laki-Iaki
- b.Usia minimal 18 tahun maksimal 34 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 September 2017;
- c.Tinggi badan minimal 160 ern;
- d.Tidak memiliki cacat fisik, tidak buta warna dan tidak berkacamata;
- e.Perguruan Tinggi serendah-serendahnya terakreditasi B dan Program Studi serendah-rendahnya terakreditasi “C” dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75.
- Khusus pelamar untuk jabatan Analis Sistem Informasi dan Jaringan, kategori formasi umum dapat mendaftar dengan syarat Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi “C” dengan IPK minimal 2,75 dan pernah membuat aplikasi minimal sebanyak 5 (lima), yang dibuktikan/ditunjukkan pada saat wawancara dan praktsk kerja komputer.
- Khusus pelamar untukjabatan Analis Kesyahbandaran wajibmemiliki sertifikat Ahli Nautika Kapal PenangkapIkan (ANKAPIN)dan sertifikat Ahli Teknika KapalPenangkap Ikan(ATKAPIN) danditunjukkan padasaat wawancara.
TATA CARA PENDAFTARAN
- 1. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukansecaraonline melalui laman sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)I Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarqa,
- Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 September s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).
- Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman https:llsscn.bkn.go.iddimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 s.d 6 Oktober 2017.
- Pelamar mengisi biodata pada kolom yang telah disediakan.
- Berkas pendukung diupload melalui sistem:
- a) Pas foto berwarna dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal dalam format JPEG (max 200 kb):
- b) Ijazah asli terakhirlSurat Keterangan Lulus bagi yang ijazahnya belum keluarlSK Penyetaraan Ijazah bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (menjadi satu file dalam format PDF max 300 kb);
- c) KTP asli atau Kartu Keluarga dalam format PDF (max 300 kb);
- d) Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan C.q.
- Kepala Biro SDM Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan, diketik
- dengan menggunakan komputer, bermeterai Rp.6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran sebagaimana Lampiran II), dalam format PDF (max 300 kb);
- e) Surat Pernyataan diketik dengan menggunakan komputer, bermeterai Rp.6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format sural lamaran sebagaimana Lampiran III) dalam format PDF (max 300 kb);
- f) Transkrip/Daftar Nilai Asli (jika lebih dari 1 lembar dijadikan 1 file, bukan di zip atau rer max 300 kb).
- Setelah melakukan pendaftaran online, cetak Kartu Pendaftaran SSCN sebagai salah satu syarat verifikasi pada saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar. Selain itu diwajibkan membawa KTP/Kartu Keluarga dan Ijazah serta Transkip Nilai asli, Surat Lamaran asli, dan Surat Pernyataan asli pada saat registrasi/daftar ulang.
TAHAPAN SELEKSI
- Seleksi Administrasi.
- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test
- (CAT) dengan bobot 40%.
- 3, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
- Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%
- Psikologi Lanjutan dengan bobot 35%
- Wawancara dengan bobot 15%
- Khusus pelamar jabatan Analis Sistem Informasi dan Jaringan, Seleksi
- Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
- Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 30%
- Psikologi Lanjutan dengan oobot 20%
- Wawancara dan praktek kerja kamputer dengan bobot 50%
- Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
- Khusus pelamar jabatan Juru Mudi, Masinis Kapal Pengawas, Kelasi, Oiler dan Operator Speedboat, Seleksi Kampetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
- • Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 30%
- • Psikolagi Lanjutan dengan bobot 20%
- • Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK), dengan bobot 50%
Rekrutmen CPNS tidak di pungut biaya apapun, Selamat mencoba dan semoga anda lulus tahun ini.
Source: Lowongan CPNS Kementerian Kelautan, dan Perikanan Tahun 2017
Sumber : Lowongan CPNS Kementerian Kelautan, dan Perikanan Tahun 2017
Tag : Smart Detox Synergy
EmoticonEmoticon